Go.... Green....

Mengapa Pariwasata Juga Harus Ramah Lingkungan


Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat dunia terhadap kelestarian lingkungan dan pemanasan global, maka sangat tepat jika sudah saatnya mengarahkan cara pengelolaan kepariwisataan Indonesia dan dunia menuju pariwisata hijau. Ini adalah sebuah sikap yang menjadikan kegiatan kepariwisataan bukan sekedar kegiatan bersantai, buang duit dan hedonisme, namun juga mengarahkan pariwisata sebagai kegiatan pelestarian alam dan budaya, pendidikan lingkungan, serta penghormatan terhadap alam dan masyarakat setempat. Hal ini akan mengurangi dampak buruk kepariwisataan yang menjadi sisi gelap dunia kepariwisataan.

Sikap pariwisata hijau ini tak menjadikan para wisatawan menjadi sekedar konsumen, yang menjadi tamu yang asing sama sekali, bahkan cenderung mengeksploitasi alam dan masyarakat setempat menjadi sekedar obyek yang bisa diperlakukan sesuka hati, tapi menjadi sesama warga dunia yang ikut serta bertanggung jawab menjaga kelestarian alam dan kekayaan budaya.

Bukan rahasia lagi kalau proses pengadaan lahan bagi fasilitas pariwisata menghalalkan segala cara dengan cara memperdayai masyarakat setempat yang terbatas pengetahuannya. Inilah salah satu contoh yang merupakan sisi gelap kepariwisataan. Menjadi tanggung jawab pemerintah, tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melindungi warga dan wilayah serta alamnya dari eksploitasi pariwisata yang cenderung serakah dan kebablasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Links