Go.... Green....

Pariwisata Ramah LIngkungan

 
Industri Pariwisata sangat mempengaruhi Lingkungan dan pemakaian energi di seluruh dunia. Tumbuhnya kesadaran pelanggan menunjukkan sebuah kesempatan besar untuk berbagai perubahan : mengurangi energi perorangan, air, pemakaian limbah; mendidik orang – orang untuk menggunakan teknologi energi tepatguna dari sumber – sumber yang dapat diperbaharu.
Secara ekologis, manusia adalah bagian dari lingkungan hidup. Komponen yang ada di sekitar manusia yang sekaligus sebagai sumber mutlak kehidupannya merupakan lingkungan hidup manusia. Lingkungan hidup inilah yang menyediakan berbagai sumber daya alam yang menjadi daya dukung bagi kehidupan manusia dan komponen lainnya. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang berguna bagi manusia, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik untuk masa kini maupun masa mendatang. Kelangsungan hidup manusia tergantung dari keutuhan lingkungannya, sebaliknya keutuhan lingkungan tergantung bagaimana kearifan manusia dalam mengelolanya. Oleh karena itu, lingkungan hidup tidak semata‑mata dipandang sebagai penyedia sumber daya alam serta sebagai daya dukung kehidupan yang harus dieksploitasi, tetapi juga sebagai tempat hidup yang mensyaratkan adanya keserasian dan keseimbangan antara manusia dengan lingkungan hidup. Masalah lingkungan hidup dapat muncul karena adanya pemanfaatan sumber daya alam dan jasa‑jasa lingkungan yang berlebihan sehingga meningkatkan berbagai tekanan terhadap lingkungan hidup, baik dalam bentuk kelangkaan sumber daya dan pencemaran maupun kerusakan lingkungan lainnya. Berbagai masalah lingkungan hidup, terutama yang berkaitan dengan pemanasan global, kepunahan jenis flora dan fauna serta melebarnya lubang lapisan ozon, pencemaran dan kemiskinan, telah menjadi masalah global karena meliputi seluruh bagian bumi. Tak satu pun bangsa dan negara di dunia yang luput dari dampak yang ditimbulkan oleh berbagai masalah tersebut.
Salah satu penunjang untuk perkembangan pariwisata adalah Hotel, yaitu sebagai salah satu sarana akomodasi bagi para wisatawan agar wisatawan yang mempergunakan akomodasi ini merasa nyaman, senang serta mendapatkan kepuasan dalam menerima service selama tinggal di hotel, maka hotel harus dikelola secara profesional.
Sebuah hotel yang “ berkembang (sustainable) “ harus memperhatikan standar sosial, ekonomi dan lingkungan melalui : Kebijakan, pelatihan pegawai, pengelolaan, pembelian, masyarakat dan perlindungan tempat tujuan. Kesadaran dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini, dewasa ini hotel bisa mendapatkan banyak penghargaan jika “Ramah Lingkungan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Links